Friday, April 12, 2013

Merawat radiator secara berkala



Ada beberapa hal yang paling sering memicu kebocoran pada radiator . Yaitu : korosi ( karat ) , benturan ( baik karena tabrakan maupun karena terkena kibasan kipas radiator ) . Khusus untuk bahan fiber , penyebab lainnya adalah panas dan tekanan air radiator . Akibat penyebab-penyebab ini , mungkin saja terbentuk rongga atau celah di plat-plat ( fiber ) radiator tempat air merembes keluar . Karena radiator bocor , sistem pendingin tidak bekerja dengan baik . Akibatnya , temperatur mesin pun tidak terkontrol dan terjadilah overheating ketika mesin terus dipaksa bekerja tanpa pendinginan . Kita tentu sudah hapal bila mesin mengalami overheating . Karena panas yang melebihi toleransi , mesin mungkin berbunyi tidak normal , kurang bertenaga , boros bahan bakar , bahkan mogok saat dikendarai di tengah jalan . Sayang sekali , kan ? Sebelum mengalami masalah-masalah seperti itu , antisipasilah terjadinya kebocoran pada radiator . Pencegahan dapat dilakukan dengan merawat sistem pendingin .
Ada beberapa tips yang disarankan :
1 . Lakukan pemeriksaan air radiator secara rutin pada tangki cadangan . Jika permukaan air di tangki cadangan berada di bawah garis MIN , segera tambahkan . Jika sudah tampak kotor dan tampak keruh , kuras dan ganti dengan air radiator yang baru .

2 . Gunakan cairan khusus radiator saat mengisi radiator ( coolant ) . Selain membantu proses pendinginan , di dalam cairan tersebut juga terdapat zat yang dapat mengurangi korosi pada radiator dan mesin . Korosi dan kotoran pada air pendingin sangat tidak baik karena dapat mengganggu proses pendinginan . Kami sarankan untuk menggunakan air coolant yang berjenis ethlylene glycol berkualitas tinggi .

3 . Bersihkan kisi-kisi radiator dengan menyemprotkan air pada sirip radiator .

4 . Periksa kemungkinan terjadi kebocoran baik pada selang-selang maupun radiator . Kebocoran selang dapat dipantau secara manual dengan melihat ada tidaknya tetesan . Tapi , untuk mengecek kebocoran pada radiator harus menggunakan alat khusus ( sst atau special service tools ) . Radiator motor Anda akan diperiksa dengan alat ini jika datang ke bengkel-bengkel .

5 . Kondisi radiator dan kinerja sistem pendingin Anda akan lebih terjaga jika rutin melakukan servis berkala .




0 comments :

Post a Comment